All About
Al-MA'HAD


NAMA DAN SEJARAH AL-MA`HAD

AL-MA`HAD. Begitulah disebut. Banyak yang mempertanyakan. Nama pesantren kok Al-Ma`had? Al-Ma`had kan artinya pesantren? Masa Pesantren pesantren? Begitu kiranya komentar sebagian orang yang sudah belajar bahasa Arab. Lupa bahwa AL-MA`HAD mengandung alif lam. Secara definitif, sejatinya pesantren adalah AL-MA`HAD. Maka, " MAU PESANTREN???? YA AL-MA`HAD"

ALMA`HAD dibangun pada th 2008 dan berdiri seadanya untuk memulai trial system pada tahun 2009/10 dengan menerima hanya 10 santri putra kelas 7 SMP. Pembina dan pengurus yayasan berkomitmen untuk mengalokasikan dana yang masuk dari calon orang tua santri maupun para donatur sesuai peruntukannya semua untuk sarana dan prasarana pesantren. Maka dari itu, Meskipun perkembangan Al-Ma`had bersifat evolutif karena keterbatasan dana pembangunan dan SDM, namun Peningkatannya sangat signifikan dari tahun ke tahun terutama dari sisi penyediaan sarana dan prasarana pendidikan dan pengajaran. Begitupula dari kualitas SDM guru, silih berganti dan bertambah menuju kualitas yang lebih baik.Ini pula jawaban atas pertanyaan orang yang menanyakan tentang sebab, " mengapa setiap tahun selalu meningkat? " Pada dasawarsa ke dua ini,

AL-MA`HAD tampil jauh lebih baik dalam berbagai sisi sehingga menjadikan santri betah dan orang tua santri semakin memberikan dukungan yang baik. Meskipun masih banyak kekurangan, Dalam satu dasawarsa yang lalu sekolah kita telah mendapatkan akreditasi A sampai dua periode ( perlima tahun). Hal ini tentu menambah keyakinan dan kepercayaan diri untuk bisa memberi manfaat lebih baik di masa mendatang.


PROFILE PENDIRI, CITA- CITA DAN IDEALISMENYA

BUYA SYEIKH MUDRIIKA ( BSM ) ibnu MUHAMMAD ILYAS AL-`ASFAN, dilahirkan pada 10 Agustus 1973 di sebuah kampung bernama Cidempet, kecamatan Lohbener (kini , Kec. Arahan) Kab. Indramayu. Jawa Barat. dari pasangan Ummi Sariyah yang pedagang dan Abi Muhammad Ilyas seorang Da`i yang berasal dari keturunan para kiyai NU pesantren Buntet Cirebon JaBar. Setelah menamatkan program khidmahnya di Pesantren Darul Ma`rifat Gurah Kediri Jawa Timur, Buya mendapat undangan beasiswa internasional dari Universitas Islam Madinah Kerajaan Saudi Arabia. Mengambil Fakultas syari`ah tanpa melewati kelas persiapan bahasa sehingga pada akhir tahun akademik 1997 telah menggondol gelar LC dan kembali ke tanah air.  

Di Jakarta, sebelum kembali ke Gontor, dengan kecintaannya pada ilmu, BSM mengambil spesialisasi Akupunktur di IMA (INDONESIAN ACUPUNCTURE AND MOXIBUSTION ACADEMY) dengan sanad belajar langsung dari DR. Dharmoyono dari asosiasi PAKSI (persatuan akupunturis seluruh Indonesia) dan DR. Haryono Sumintarjo (Dosen FK. UI Jakarta). Sambil berda`wah di seputar Jabodetabek pada kisaran th 2000 sampai 2006, BSM mengumpulkan hasil praktek akupunktur sampai Allah mudahkan untuk membeli sebidang tanah yang kemudian menjadi cikal bakal pesantren. Bersama istri yang sholihah dan setia (Ummu Awfaa), keduanya merintis pesantren ini sejak Juni tahun 2006 dengan mengumpulkan para pendukung setia, mencicil pembayaran tanah dan menawarkan konsep pesantren kepada Jama`ah kajian sunnah yang tersebar di sekitar Jabodetabek.

Dengan tawfiq dan ma`unah Allah semata, lalu dengan bantuan sebuah keluarga dermawan dari kuwait bernama Futuh Shoulah sebesar Rp. 900.000.000,-, melalui Lajnah Khairiyyah di Jakarta serta bantuan kaum muslimin, Alhamdu lillah pada tgl 10 Agustus 2008 peletakan batu pertama oleh Mandub lajnah Syaikh Jasim terlaksana dengan baik. Pembangunan pertama hanya satu kantor yang kini menjadi ruang lab komputer, rumah imam yang kemudian dikonversi menjadi salah satu rumah dinas guru Al-Ma`had, 4 ruang kelas, 4 ruang asrama serta 1 masjid peruntukan 8m X 10m = 80 m2 yang kemudian dengan bantuan jama`ah kajian kita perluas menjadi 18m X 18m dan masih diperluas dengan selasarnya di kemudian hari.


VISI, MISI, PANCA JANGKA RENSTRA, 10 STANDAR KARAKTER LULUSAN SERTA 7 STRATEGI PENGAJARAN DAN PENDIDIKAN.

VISI
TERWUJUDNYA AL-MA`HAD SEBAGAI RUH BAGI SETIAP MADINATUS-SUNNAH DALAM SKALA NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL.
MISI
  1. PERTAMA: Membangun model pendidikan berkelanjutan yang dijalankan dengan Total Quality Management Berbasis pesantren di atas manhaj assalafush- shalih .
  2. KEDUA: Membentuk generasi pemimpin ummat yang memiliki keshahihan ilmu dan keshalihan amal yang terangkum dalam 10 standar karakter lulusan alma`had.
  3. KETIGA: Membangun pola kekerabatan, keterpaduan dan koordinasi antar para ahli ilmu, praktisi (Rijalul a`mal) dan pemegang power di berbagai bidang.
  4. KEEMPAT: Memfasilitasi para alumni untuk mendapatkan pendidikan setinggi- tingginya baik di dalam maupun luar negeri untuk kemudian mengembangkan sistem AlMa`had di berbagai zona madiinatussunnah.
  5. KELIMA: Menciptakan inovasi- inovasi sejalan dengan dinamika teknology di bidang kurikulum dan sarana pendidikan dan da`wah.

PANCA JANGKA RENSTRA

  1. DASAWARSA PERTAMA 2010/11 - 20/21 : INFRASTRUKTUR PESANTREN 
  2. DASAWARSA KEDUA 2020/21 - 30/31: KURIKULUM 
  3. DASAWARSA KETIGA 2030/31 - 40/41: KADERISASI 
  4. DASAWARSA KEEMPAT 2040/41 - 50/51: NASIONALISASI 
  5. DASAWARSA KELIMA 2050/51 - 60/61: INTERNASIONALISASI 

STANDAR KARAKTER LULUSAN

AL-MA`HAD BERUSAHA MENCETAK CALON PEMIMPIN UMMAT YANG MEMILIKI KESHAHIHAN ILMU DAN KESHALIHAN AMAL YANG TERANGKUM DALAM 10 KARAKTER LULUSANNYA:

PERTAMA: BERMANHAJ SALAF AHLUSSUNNAH WALJAMA`AH.

KEDUA : HAFAL ALQURANUL KARIM

KETIGA : HAFAL HADITS KITAB JAMI`UL `ULUM WALHIKAM DAN BULUGHUL MARAAM.

KEEMPAT : MENGUASAI DASAR- DASAR DIRASAT SYAR`IYYAH.

KELIMA : BERAKHLAK KARIIMAH DAN BERADAB `ALIYAH.

KEENAM : MEMILIKI HIMMAH `UBUDIYAH DAN DA`WAH YANG TINGGI.

KETUJUH : MEMILIKI JIWA LEADERSHIP YANG HANDAL.

KEDELAPAN : MAHIR BERBAHASA ARAB DAN INGGRIS.

KESEMBILAN: MENGUASAI DASAR- DASAR SAINS MODERN.

KESEPULUH : BERJIWA WIRASWASTA ( ENTREPRENEURSHIP )


STRATEGI PENGAJARAN DAN PENDIDIKAN.

PERTAMA : AT- TASHFIYAH QABLAT- TA`LIIM. Menyelia materi ilmu dan kitab, menyeleksi calon guru serta membuat persiapan mengajar dan perencanaan program adalah langkah wajib sebagai usaha memaksimalkan mutu.

KEDUA : AT-TARBIYATUL MU`AHHILAH. Guru yang telah terseleksi diberikan pelatihan, workshop serta supervisi dalam merilis program dan kegiatan belajar- mengajar lalu dimutaba`ah (follow up) dengan penyediaan media ekspresi bagi guru dan santrinya agar santri terlatih menjadi ahli dalam bidang yang dipelajari.

KETIGA : AT- TAWDZIIF. Setelah paket pengajaran dan pelatihan dijalankan dan santri sudah menunjukkan kemahirannya dalam bidang- bidang tersebut, maka mereka ditugasi dengan tanggung jawab di bidang tersebut. Pembinaan oleh senior tetap dijalankan, karena organisasi pembinaan memiliki hirarki berjenjang dari Top leader, middle management hingga pendamping dari kalangan technical low management.

KEEMPAT : AT- TA`WIID. Santri dibiasakan dengan pola hidup pribadi, pola ibadah, pola budaya keilmuan dan hubungan sosial yang sesuai dengan tuntunan alqura dan sunnah berdasarkan pola pemahaman dan pengamalan as- salafush- sholih sehingga nilai- nilai yang dididikkan mendarah daging dalam kepribadiannya dan mengejawantah menjadi karakter kepribadiannya.


KELIMA : AT- TA`DIIB. Sifat manusia tidak selalu baik. Berbeda halnya dengan malaikat yang selalu baik dan syaithon yang selalu tidak baik. Faktor lupa dan pura- pura lupa, suka dan tidak suka, sempat dan tidak sempat memengaruhi tingkat konsistensi, sehingga dari waktu ke waktu diperlukan Ta`diib, diluruskan saat membengkok dan menyeleweng. Didongkrak semangatnya tatkala futuur, diapresiasi tatkala berprestasi.

KEENAM : TAWSII`ul- UFUQ;  Meluaskan cakrawala, wawasan santri tentang berbagai hal , baik dari literatur kitab cetak maupun digital. Seminar dan workshop serta short course berbagai soft skill dan kunjungan/ ziyarah masyayikh `ulama adalah sebagian dari kegiatan dalam kerangka ini.

KETUJUH : AT- TAMKIIN.  Setelah semua proses di atas dilalui, santri menjalani program khidmah tarbawiyyah minimal selama satu tahun ajaran. Mereka diberi kedudukan sebagai guru muda (Usbab), menjadi staff pengasuhan, staff kurikulum, manajer unit usaha dsb. Dengan proses sedemikian panjang dan program yang beragam, diharapkan para alumni mampu mengahadapi tantangan masa depannya dan sukses dunia dan akhirat.


OS3 (ONE STOP SCHOOLING SYSTEM)

OS3 (ONE STOP SCHOOLING SYSTEM).  Secara harfiyyah, OS3 berarti bersekolah di satu lembaga sampai tuntas. Pada praktiknya, OS3 AlMa`had merupakan usaha menjaga konsistensi santri, orang tua/ wali santri serta MAHA TEAM pesantren dalam menjalankan program- program pendidikan dan pengajaran sampai pada batas ketuntasan yang telah dikurikulumkan, sehingga tujuan pembentukan 10 karakter SKL memungkinkan untuk tercapai. OS3 terbagi ke dalam 2 kategori, yaitu:

1. OS3 perjenjang, yaitu: SD sampai kelas 6, SMP sampai kelas 9 dan Aksel sampai khidmah.

2. OS3 lintas jenjang, yaitu: SMP sampai tuntas SMA dan khidmah.

Pilihan OS3 menunjukkan tekad orang tua / walisantri yang kuat dalam mencapai cita- cita dalam memesantrenkan anak. Menunjukkan betapa pesantren sangat menginginkan suksesnya santri mencapai hasil. Lebih care dan tidak asal-asalan dan masa bodoh. Khusus pada OS3 Lintas Jenjang, ortusan/ walsan sangat terbantu secara finansial, karena mereka tidak diwajibkan membayar uang pangkal kenaikan jenjang ke SMA AlMa`had. OS3 bersifat mutlak wajib sesuai pilihan masing- masing. Jangan kalah oleh iklan minyak kayu putih Cap lang; "BUAT ANAK KOK COBA- COBA...."    


ORGANISASI PROGRAM

Untuk mencapai tujuan pembentukan 10 karakter lulusan Al-Ma`had membentuk MAHA TEAM yang secara hierarkis terdiri dari Top Leader, Middle management dan Low Management. 3 tingkatan hierarkis tersebut ada pada 4 sayap departemen; DPPF, MPS, CID serta LDC dan MahaEO.

DPPF ( Departemen Pendidikan dan Pengajaran Formal).  DPPF Para kepala sekolah yang membawahi para wali kelas dan struktur pelengkap lainnya bertanggung jawab kepada pimpinan pondok dalam menjalankan seluruh proses belajar dan mengajar secara formal klasikal. Secara formal kedinasan, struktur sekolah mengikuti arahan SISDIKNAS; mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Dalam OS3 AlMa`had, sistem sekolah formal adalah bagian dari system kepesantrenan. Masyarakat Indonesia yang ingin bergabung dengan perjuangan AlMa`had harus betul- betul memahami hakikat ini. Ini merupakanTitik paling krusial yang sering kurang dipahami tentang OS3 AlMa`had.

MPS (Majlis Pengasuhan Santri).  MPS bertanggung jawab kepada pimpinan pondok dan membantunya dalam memegang amanah pengasuhan santri (Students care). Struktur MPS terdiri dari pembina yang membawahi para ustadz khidmah sebagai staff pengasuhan. Staff pengasuhan berbagi tugas dalam dua divisi; OSAMA DAN SISKOMAS. OSAMA singkatan dari Organisasi Santri Al-Ma`had yang terdiri dari kelas 11 dan sebagian kelas 10. Sedangkan SISKOMAS adalah sistem komando masjid yang terdiri dari kelas akhir (kelas 12). MPS melalui OSAMA memiliki 5 program utama (K5) yang merupakan basic living affairs, yaitu: Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesehatan dan Kesejahteraan. Wilayah kekuasaan mereka meliputi asrama dan lingkunagnnya. Sedangkan melalui SISKOMAS, MPS mengurusi 7 program. Yaitu: Pelatihan baca-tulis AlQur`an, Tahsin dan Tahfidzul Qur`an, Pengembangan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris, Muhadhoroh (Pengembangan kemampuan Public Speaking/ berpidato), Bimbingan `ibadah praktis harian, PHBI dan Kajian Ilmiah rutin ba`dal Maghrib untuk santri dan umum.

CID (Central Information Department)  Departemen ini mengelola data dan informasi serta mengatur lalu lintas in and out info Al-Ma`had, mendokumentasikan semua kegiatan, program dan event baik yang dilakukan di dalam maupun di luar kampus AlMa`had. Diantara garapannya adalah pengelolaan Studio Channel youtube Maha TV, Maha radio, Website Mahaduna.sch.id, instagram, face book dan sosmed lainnya. Surat kabar, tabloid dan kajian - kajian on line juga akan menyusul.

LDC (Leadership and Lifeskills Development Centre)  Lembaga ini menyediakan ragam kursus di sore hari pkl. 16.30 sampai dengan 17.30. Kursus ekstra kurikuler ini terdiri dari 3 bagian; Leadership. Lifeskills, Language & Sports.


  1. Leadership.  Kepramukaan telah bermetamorfosa di AlMa`had menjadi latihan passus Saka wira kartika, Saka Wira husada dll dengan bekerjasama dengan KOramil dan Polsek Kec. Setu dan Kodim Bekasi. Short course tentang administrasi organisasi, manajemen organisasi dan akunting juga diadakan untuk menguatkan kemampuan karakter kepemimpinan.
  2.  Lifeskills.  Kursus beberapa Keterampilan hidup dimaksudkan agar para calon alumni suatu saat memiliki skill yang spesifik dan bis dijadikannya alat mengais rizki Allah, seperti: Pengembangan system hydroponik, keterampilan las (Welding), Design grafis, service komputer, Tata boga, Tata busana, Table Manner, Thibbun Nabawy dan Akupunktur.
  3. Language. Kursus Bahasa Arab dan Inggris di AlMa`had bagi santri merupakan pengalaman belajar yang unik berbeda dengan model penyajiannya di kelas formal. Lebih menekankan pada skill berbahasa secara praktis bukan teoritis.
  4. Sports. Sarana olah raga disediakan oleh pesantren secara variatif memenuhi ekspektasi para calon santri. Para pelatih, selain dari dalam pesantren , juga dipanggilkan dari luar. Bulu tangkis, futsal, Volly Ball, Basket ball, kungfu, Archery serta bersepeda, semua diadakan dan santri betul- betul diolah ragakan dan dibawa sehat. tatkala mereka sehat, maka hasil capaian belajar formalpun lebih maksimal.
MAHA E.O ( Al-ma`had`s Evet Organizer ). Departemen ini mengelola dan menyelenggarakan pengadaan event- event baik di dalam pondok maupun di luar pondok. Anggotanya adalah para santri terpilih dalam setiap segmen.

PROGRAM

Masing-masing departemen di atas menyelenggarakan berbagai program. Setiap program memiliki ragam kegiatan. Setiap kegiatan memiliki modalitas 7M managing system, yaitu: Measure, Man, Method, Machine, Matterial, Money and Minutes. Detil program dan dinamika harian, pekanan, bulanan, semesteran serta tahunan bisa didapatkan dari proposal program masing masing departemen yang telah disahkan oleh pimpinan AlMa`had The ILTC.

SDM.  Sumber Daya manusia yang dalam Modalitas 7M managing system AlMa`had menempati urutan ke 2, disesuaikan dengan porsi kebutuhan setiap program. Yayasan Aali Syaikh telah menyiapkan paket perumahan guru yang berkeluarga dan siap berkhidmat full timer 24 jam sepanjang tahun.



PEMBIAYAAN PENDIDIKAN:

AWAL. Pada fase awal, calon santri diwajibkan membayar biaya registrasi yang meliputi semua proses hingga seatlement. Yaitu; Survey dan Open house, paket kegiatan bimbingan dan tes, Konsumsi, Orientasi OS3 sampai Grand Annual Assembly dan tank Komando disiplin yang menandai resminya seluruh perangkat system dijalankan dengan disiplin yang tinggi.
BIAYA BULANAN. Setiap bulan, santri wajib membayar living cost yang terdiri dari Catering, K5 dan Laundry seragam. Juga Schooling fee dan sumbangan program 7 in 1 kemasjida serta kursus . Semua komponen di atas Uang jajan dan keperluan pribadi dibayarkan via Bank Syari`ah Mandiri atas nama yayasan Aali Syaikh dengan nomor rekening 104-002-0029. Biaya bulanan ini ditulis dalam format yang telah disahkan oleh bapak pimpinan, ditulis setelah transfer. lalu bukti transfer bersama format tsb difoto dan dikirim via WA bendahara 0857-2234-0474. 
BIAYA TAHUNAN. Setahun sekali, setelah kenaikan kelas , santri diberikan seragam pengganti seragam sebelumnya yang telah mulai pudar dan lusuh serta terasa mengecil karena perkembangan badannya. Konsekwensi kenaikan kelas juga berarti santri harus mempelajari buku- buku pelajaran yang baru di kelas selanjutnya. Atas dasar kedua kebutuhan itu, maka pada saat menjelang ujian kenaikan kelas, santri diwajibkan membayar uang seragam dan buku pelajaran.
BIAYA INSIDENTIL.  Sebagai konsekwensi hidup bersama di luar rumah orang tuanya dalam rentang waktu yang lama, pada saat- saat tertentu anak- anak merasakan kebosanan. Touring dan gathering di luar pondok menjadi alternatif solusi dan tentu menuntut biaya ini. Besarannya ditentukan pada saat itu sesuai kebutuhan. Di saat lain, anak- anak terkena musibah, seperti memecahkan kaca atau merusak fasilitas bersama atau milik temannya, maka wajib menggantinya.
BIAYA KEPERLUAN PRIBADI  Setiap santri memiliki keperluan pribadi yang berbeda- beda. Ada yang sama sekali tidak mau atau tidak sempat mencuci sendiri, maka seluruh pakaiannya dilaundrikan. Kebiasaan jajanpun berbeda- beda, disamping kemampuan dan kelonggaran disiplin yang ditanamkan dalam kebiasaannya di rumahpun berbeda- beda. Maka, disarankan agar orang tua tidak memaksakan anaknya berubah dalam sesaat. AlMa`had memiliki cara tersendiri dalam menggiring ke arah zuhud dan qona`ah. Toko, kantin dan Maha cafe disediakan. Santri senang, tapi waktunya teratur. Hanya dua kali dalam sehari. Itupun perlu antri. Variasinya tidak sebanyak jajanan di luar. Secara berangsur tanpa dipaksakan, anak akan teradaptasi untuk Qona`ah (Merasa cukup) dengan apa yang ada. Peran orang tua dalam hal ini, adalah mendukung aturan pesantren dengan tidak melayani semua orderan anaknya. 
Apabila walisantri mengikuti apa saja maunya anak. Sebelum menjenguk membelikan yang mahal-mahal, yang enak-enak di lidah, yang unik- unik dan tidak ada di pesantren, maka yang akan terjadi pada diri anak adalah ketagihan order. Pekan depan order apa lagi ya???. Berikutnya, makanan yang disediakan oleh pesantren diabaikan dan tidak dilirik. Anak tidak bernafsu makan di hari kunjungan padahal catering disediakan sesuai kewajiban.Tabdziir di mana- mana. Jadilah kita ikhwan syaithon. Apalagi kalau kita tengok, darimana mereka membelikannya? Tidak jarang dari Indomart dan Alfamart yang pemiliknya adalah kafir. Kita memberi keuntungan kepada orang kafir, sementara sampahnya plastik, botol dll untuk AlMa`had. Setiap bulan, kita mengundang mobil sampah dengan biaya Rp. 500.000,- Solusinya; Orang tua santri boleh memesan jenis menu istimewa atau minuman yang istimewa dari pihak Lazeeza dan Maha Cafe di nomor WA 0813-8091-4742 sehari sebelum kunjungan. Pihak pesantren, akan melakukan pengaturan sehingga efektif dan kondusif dari berbagai sisi.

KEBIJAKAN UMUM DAN S.O.P LAYANAN UMUM.

Maha cafe, Maha mart DAN LAUNDRY. Maha cafe menyediakan fresh food seperti gorengan dan minuman segar. Juga melayani order khusus agar terjadi sinkronisasi antara pemenuhan hajat selera kuliner dan disiplin. Toko menyediakan berbagai kebutuhan santri dan dikelola oleh santri sebagai media latihan kemandirian ekonomi. Waktu buka dan tutup diatur sesuai dengan irama aktifitas dan istirahat mereka. Orang tua santri yang berhajat bisa menunggu saat aktivasi toko. Laundry seragam dimasukkan ke dalam biaya bulanan. Bagi yang tidak siap mencuci sendiri, maka baik seragam maupun non seragam dipersilahkan untuk dilaundrikan. Tidak ada pembayaran cash atas semua layanan di atas. Orang tua santri wajib melakukan TOP UP Id Card putra-putrinya melalui rekening yayasan tsb di atas. Santri bertransaksi menggunakan ID Card. System Aplikasi Toko akan menginformasikan track record belanja santri jika diperlukan dan orang tua bisa memonitor dinamika jajan anak cukup lewat HP nya.

CATERING.  Catering santri dan guru lajang dilayani oleh CV.Lazeeza Catering and Resto. Dengan dapur higienis dan para ahli masak yang berpengalaman serta bahan masakan terpilih, santri dilayani dalam lunch box yang bersih dan tertutup.

PARKIR, KUNJUNGAN, JEMPUTAN , LIBURAN DAN PERPULANGAN.  Lahan parkir harus kita bangun dan rawat bersama. Diantara fasilitas yang paling cepat rusak, karena sebagian pemilik mobil tidak jarang melakukan manuver parkir yang ekstrim. maka, perparkiran akan diatur dengan biaya yang adil dan proporsional. Kunjungan santri hanya dibolehkan bagi keluarga santri yang terdaftar sebagai orang tua/ wali dan mahram. hari Jumu`ah mulai pkl. 10.00 pagi sampai pkl. 15.00 `Ashr. Lalu bagi pekerja kantoran, hari Ahad mulai pkl. 10.40 sampai pkl. 15.00. Jemputan diatur dalam SOP khusus dengan ketentuan khusus. Kunjungan maupun jemputan harus melalui izin tertulis yang di WA kan ke admin pondok sehari sebelumnya. Liburan dan perpulangan resmi adalah libur akhir semester ganjil dan akhir tahun ajaran dengan syarat dan ketentuan khusus diatur dalam SOP tersendiri.


KOMUNIKASI & INFORMASI (KOMINFO) Santri dilarang membawa alat komunikasi. Orang tua santri yang secara emergency ingin berkomunikasi dengan putra- putrinya cukup misscall ke nomor WARTEL pondok yang ditentukan. Petugas akan mencatat dan memberikan kabar kepada anak. Secara rutin, santri diberi giliran untuk menelpon orang tuanya dengan tarif yang ditentukan oleh pondok. Komunikasi antara ortusan/ walsan dengan pondok cukup dengan group WA yang disebut dengan Maha Info di nomor 0896-1973-1979. Begitupula masyarakat umum yang ingin mengetahui info pendaftaran santri baru atau lowongan karyawan baru memakai nomor ini. Admin Pondok adalah pemegang amanah pimpinan dan bertugas hanya dengan format WA tidak boleh memakai moda Calling apalagi Video Call.


PENANGANAN SANTRI SAKIT. Kategori Santri sakit:

1. Sakit bawaan dari rumah yang kambuh dan memiliki jadwal rutin perawatan dokter.

2. Sakit bersifat emergencial dan harus segera ditangani.

3. Sakit akibat kelelahan, stress kegiatan atau perubahan cuaca.

Dua yang pertama diserahkan kepada orang tuanya untuk dirawat di rumah atau Rumah sakit. Sedangkan yang ke 3, maka langkah penanganannya adalah: demam dalam 3 hari pertama dirawat di pesantren dengan istirahat, diberi penurun demam dan nutrisi penunjang. Jika lewat dari 3 hari belum kunjung sembuh, maka dipanggilkan orag tuanya.


LAYANAN SEWA PENGINAPAN DAN CATERING.  Bagi para orang tua santri yang jauh dari Bekasi, seperti dari luar Jawa dan ingin menginap di pondok, maka bisa menghubungi WA admin pondok 0896-1973-1979 untuk reservasi. Ketentuan sewa dan catering serta laundry diatur khusus dalam ketentuan tersendiri. 


LAYANAN `AQIIQAH DAN DOKUMENTASINYA.  Pondok lewat Maha EO melayani permintaan jasa penyelenggaran `aqiiqah dan dokumentasi kreatifnya dengan reservasi ke nomor WA admin 0896-1973-1979.


LAYANAN KLINIK. Santri, ortusan/walsan dan masyarakat umum dapat mengakses layanan Akupunktur, Bekam dan Thibb Nabawiy di pondok dengan reservasi ke nomor WA admin 0896-1973-1979. Biaya dan administrasi lainnya ditentukan dalam ketentuan khusus.


LAYANAN MAINTENANCE, KONSTRUKSI DAN RENOVASI BANGUNAN. Untuk kebutuhan sustainable development, Aali Syaikh membangun PT. Maha Corpora Bangun semesta. Kami juga melayani jasa konstruksi dan perawatan dengan berbagai jenisnya. silahkan hubungi WA 0813-8855-3914.


LAYANAN BELANJA BULANAN KELUARGA. MAHA MART melayani kebutuhan masyarakat sekitar dan balanja bulanan orang tua santri. Katalog barang dan harga bisa dipesan langsung kepada manajernya


LAYANAN PENYEDIAAN HEWAN QURBAN.  Kami memiliki jalinan bisnis dengan para peternak hewan qurban baik kambing, domba maupun sapi. Antara tgl 10 Dzul Qi`dah sampai 10 Dzulhijjah kami siapkan 10 ekor sapi dan 30 ekor kambing atau domba.


LAYANAN BANTUAN BENCANA ALAM. Dengan Pasus Saka Wira kartika, AlMa`had membentuk satuan khusus cepat tanggap bencana alam. Para orang tua santri diajak untuk berdonasi membantu kaum muslimin 


LAYANAN PULSA SELULER, TOKEN LISTRIK, TOP UP GOJEK, GRAB, OVO DAN KUOTA INTERNET

Untuk cepatnya solusi atas masalah pulsa token listrik, GSM dan internet serta top up berbagai kartu, maka kami melayani lewat HP. MAHA SELULAR No. 0821-1475-7928




USAHA KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA AL-MA`HAD (MAHA UKEK).

Para guru fulltimer memiliki loyalitas dan dedikasi yang tinggi untuk mengasuh, membina mengajar dan mendidik di AlMa`had. Maka mereka diberi peluang untuk mengisi kantin pondok dengan nilai kontribusi kepada pondok 10% dari harga jualnya, kecuali barang dagangan yang memerlukan tempat permanen dan penyimpanan apalagi berlistrik maka diatur kemudian.


BOUTIQUE. "MAZAYA COLLECTION" dandan elegan nan syar`i. Menyediakan pakaian jadi dengan model- model yang mewah, perlengkapan haji dan umrah, seragam sekolah dll.

Travel Haji plus dan Umroh.  PT. Garis Lurus Lintas Semesta cab. Grand wisata Bekasi siap melayani anda dalam kebutuhan ticketting dan perjalan haji plus dan umroh. Reservasi ke nomor. 0813-8091-4742.


PELUANG ANDIL BAGI KAUM MUSLIMIN DAN MASYARAKAT UMUM DARI KEBERADAAN ALMA`HAD.  Para fuqoro dan masaakiin yang ingin ikut mendapatkan manfaat dari pondok bisa mengambil peran seperti; menjadi marketer PSB, Menjadi karyawan / ti dapur, laundry, maha corpora dll. Para Aghniyaa dan muhsinin serta kelompok masyarakat perindu surga yang bingung membagikan kelebihan hartanya, maka tersedia peluang infaq, shadaqoh , hibah dan wakaf untuk pengembangan kampung dan sarana pesantren. Hubungi WA admin 0896-1973-1979.


DA`WAH IJTIMA`IYYAH (DAKSOS) ALMA`HAD. Lewat DPPF dan MPS, santri kelas akhir dan program khidmah diorganisir untuk mengadakan da`wah berkala keluar pondok, bersamaan dengan kegiatan Perkajum (Perkemahan Kamis-Jumu`ah). Mereka membentuk team dan mengatur rundown acaranya mulai dari ba`dal `Ashr hari Kamis dan kembali ke pondok ba`da Shalatil jumu`ah. Para orang tua santri di perumahannya bisa menyampaikan request ke pimpinan pondok agar Daksos dilaksanakan di daerahnya. Sangat diharapkan pihak orang tua santri memfasilitasi dan membantu teknis konsumsi dan akomodasinya. Kegiatan da`wah menyasar kelompok remaja usia SD dan SMP dengan pemberian wawasan `aqidah dan manhaj ahlissunnah waljama`ah serta pelatihan praktis Tartiilulqur`an, sifat wudhu dan sfat shalat Nabi. Acara panggung gembira dan api unggun diisi pula dengan sambutan masyarakat disamping penampilan- penampilan dari santri dan guru pendamping.


HUBUNGAN INTERNASIONAL. Al-Ma`had memiliki website yang menjadi jendela informasi in and out Al-Ma`had. Bisa diakses oleh manusia seluruh dunia. Disamping medsos lainnya. Hubungan internasional juga dibangun oleh pimpinan pondok dengan jalur tokoh organisasi- organisasi Islam seperti Dewan Da`wah Islamiyyah Indonesia, Majlis Ulama Indonesia, Kemenag, Amphuri, Himpuh, PULDAPII, Komisi Nasional Anti Pemurtadan dan lain- lain. Hubungan internasional dengan tujuan memudahkan dan memfasilitasi para alumni agar bisa melanjutkan studinya ke universitas- universitas Islam bertaraf Internasional. lalu mereka kembali ke pangkuan Nusantara mengembangkan sayap da`wah dan pendidikan dengan manhaj yang lurus serta menebar manfaat seluas-luasnya.