AL MA'HAD

Target, strategi serta
program yang kami jalani

Al-Ma’had memiliki strategi dan program untuk mencetak akademik yang
unggul dari segala bidang

Standar Karakter Lulusan

Al-Ma’had Berusaha mencetak calon pemimpin ummat yang memiliki keshahihan ilmu dan
keshahihan amal yang terangkum dalam 10 karakter lulusannya:

Bermanhaj Salaf Ahlussunnah Waljama’ah

Hafal AlQurannul Karim

Hafal Hadits Kitab Jami’ul ‘Ulum Walahakim dan Bulughul Maraam

Menguasai Dasar-dasar Dirasat Syar’iyyah

Berakhlak Kariimah dan Beradab ‘Aliyah

Bermanhaj Salaf Ahlussunnah Waljama’ah

Memiliki Jiwa Leadership yang Handal

Mahir Berbahasa Arab dan Inggris

Menguasai Dasar-dasar Sains Modern

Berjiwa Wiraswasta (Entrepreneurship)

Strategi Pengajaran dan Pendidikan

AT- TASHFIYAH QABLAT- TA`LIIM.

Menyelia materi ilmu dan kitab, menyeleksi calon guru serta membuat persiapan mengajar dan perencanaan program adalah langkah wajib sebagai usaha memaksimalkan mutu.

AT-TARBIYATUL MU`AHHILAH.

Guru yang telah terseleksi diberikan pelatihan, workshop serta supervisi dalam merilis program dan kegiatan belajar- mengajar lalu dimutaba`ah (follow up) dengan penyediaan media ekspresi bagi guru dan santrinya agar santri terlatih menjadi ahli dalam bidang yang dipelajari.

AT- TAWDZIIF

Setelah paket pengajaran dan pelatihan dijalankan dan santri sudah menunjukkan kemahirannya dalam bidang- bidang tersebut, maka mereka ditugasi dengan tanggung jawab di bidang tersebut. Pembinaan oleh senior tetap dijalankan, karena organisasi pembinaan memiliki hirarki berjenjang dari Top leader, middle management hingga pendamping dari kalangan technical low management.

AT- TA`WIID

Santri dibiasakan dengan pola hidup pribadi, pola ibadah, pola budaya keilmuan dan hubungan sosial yang sesuai dengan tuntunan alqura dan sunnah berdasarkan pola pemahaman dan pengamalan as- salafush- sholih sehingga nilai- nilai yang dididikkan mendarah daging dalam kepribadiannya dan mengejawantah menjadi karakter kepribadiannya.

AT- TA`DIIB

Sifat manusia tidak selalu baik. Berbeda halnya dengan malaikat yang selalu baik dan syaithon yang selalu tidak baik. Faktor lupa dan pura- pura lupa, suka dan tidak suka, sempat dan tidak sempat memengaruhi tingkat konsistensi, sehingga dari waktu ke waktu diperlukan Ta`diib, diluruskan saat membengkok dan menyeleweng. Didongkrak semangatnya tatkala futuur, diapresiasi tatkala berprestasi.

TAWSII`ul- UFUQ

Meluaskan cakrawala, wawasan santri tentang berbagai hal , baik dari literatur kitab cetak maupun digital. Seminar dan workshop serta short course berbagai soft skill dan kunjungan/ ziyarah masyayikh `ulama adalah sebagian dari kegiatan dalam kerangka ini.

AT- TAMKIIN

 Setelah semua proses di atas dilalui, santri menjalani program khidmah tarbawiyyah minimal selama satu tahun ajaran. Mereka diberi kedudukan sebagai guru muda (Usbab), menjadi staff pengasuhan, staff kurikulum, manajer unit usaha dsb. Dengan proses sedemikian panjang dan program yang beragam, diharapkan para alumni mampu mengahadapi tantangan masa depannya dan sukses dunia dan akhirat.

Akreditasi

MU’ADALAH ULA (SD) –
AKREDITASI A

MU’ADALAH WUSTHO (SMP) – AKREDITASI A

MU’ADALAH’ULA(SMA) – AKREDITASI B

ONE STOP SCHOOLING SYSTEM

Secara harfiyyah, OS3 berarti bersekolah di satu lembaga sampai tuntas.

Mu'adalah Ula
(SD)

SD dari kelas 1 hingga kelas 6

Mu'adalah Wustho (SMP)

SMP dari kelas 7 hingga kelas 9 dan Aksel sampai khidmah. 

Mu'adalah 'Ulya (SMA)

Sampai tuntas SMA dan khidmah.

Pada praktiknya, OS3 Al-Ma`had merupakan usaha menjaga konsistensi santri, orang tua/ wali santri serta MAHA TEAM pesantren dalam menjalankan program- program pendidikan dan pengajaran sampai pada batas ketuntasan yang telah dikurikulumkan, sehingga tujuan pembentukan 10 karakter SKL memungkinkan untuk tercapai. OS3 terbagi ke dalam 2 kategori, yaitu:

  1. OS3 perjenjang: SD sampai kelas 6, SMP sampai kelas 9 dan Aksel sampai khidmah.
  2. OS3 lintas jenjang: SMP sampai tuntas SMA dan khidmah.

Pilihan OS3 menunjukkan tekad orang tua / walisantri yang kuat dalam mencapai cita- cita dalam memesantrenkan anak. Menunjukkan betapa pesantren sangat menginginkan suksesnya santri mencapai hasil. Lebih care dan tidak asal-asalan dan masa bodoh. Khusus pada OS3 Lintas Jenjang, ortusan/ walsan sangat terbantu secara finansial, karena mereka tidak diwajibkan membayar uang pangkal kenaikan jenjang ke SMA AlMa`had. OS3 bersifat mutlak wajib sesuai pilihan masing- masing.

Aktivitas Pembelajaran dan Pengembangan

03.00 – 04.00                       Bangun Tidur & Tahajud

04.00 – 04.45                       Sahur – Persiapan Sholat

05.00 – 06.00                       Shubuh Halaqah Al-Qur’an

06.00 – 06.30                       Sarapan dan Muhatdatsah

06.30 – 06.45                       Apel Pagi

06.45 – 07.00                        Persiapan Masuk Kelas

07.00 – 10.40                         KBM Formal Pagi

10.40 – 11.40                           Qailulah/Tidur Siang

11.40 – 12.30                           Makan Siang, Persiapan Shalat

12.30 – 13.30                          Dzuhur, Halaqah Hadist

13.30 – 14.50                          KBM Formal Siang

14.50 – 16.30                          Ashar, Halaqah Alquran

16.30 – 17.30                           LDC dan Olahraga

17.30 – 18.00                           Persiapan Maghrib & Buka Puasa

18.00 – 19.00                          Maghrib, Halaqah Ilmiyah 

19.00 – 19.30                          Makan Malam

 19.30 – 20.00                        Sholat Isya

20.00 –  21.00                        Belajar Malam

21.00 – 21.30                          MCK & Persiapan Tidur

21.30                                           Tidur Malam

Tentang Tahfidz Al-Ma’had

Tahfidz merupakan program divisi kemasjidan dalam lingkup majlis pengasuhan santri. Santri baru diseleksi menjadi 5 kategori dari sisi kesiapan dan kemampuan baca dan tulis serta kekuatan hafalan, yaitu:

Target

30 Juz

Target

30 Juz

Target

30 Juz

Target

30 Juz

Target

30 Juz

Setoran pagi pukul 05:00 sampai 06:00 dan sore pukul 16:00 sampai 17:00

Pengembangan Kompetensi Berbahasa Arab dan Inggris di Al-Ma’had

  1. MAHIR BERBAHASA ARAB DAN INGGRIS ADALAH SALAH SATU TARGET PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN ALMA`HAD.

  2. SELAIN DENGAN VARIASI PELAJARAN DI KELAS FORMAL, JUGA DISIAPKAN KURSUS YANG DIKELOLA OLEH LDC (LEADERSHIP & LIFESKILLS DEVELOPMENT CENTRE)

  3. MAJLIS PENGASUHAN SANTRI LEWAT DIVISI KEMASJIDAN MENYELENGGARAKAN PROGRAM BACA-TULIS ARAB DAN TAJWID PRAKTIS UNTUK MENGUATKAN DASAR-DASAR BERBAHASA ARAB. MENJELANG MAGHRIB SANTRI MENDAPAT ASUPAN KOSAKATA/MUFRADAT BARU.

  4. LATIHAN MUHADATSAH/CONVERSATION SETIAP SENIN DAN KAMIS PAGI MENGGANTIKAN KEGIATAN SARAPAN KARENA BERPUASA

  5. HARI AHAD PKL. 09.20 SAMPAI 10.40 ADALAH SAAT SANTRI MENGEKSPRESIKAN KEMAMPUAN PIDATONYA DALAM BAHASA ARAB/ INGGRIS.

  6.  MADING ADALAH SALAH SATU AJANG PENGEMBANGAN KREATIVITAS BERBAHASA.

  7. MULAI SEMESTER KEDUA, SANTRI BARU DIWAJIBKAN MEMAKAI BAHASA ARAB DAN INGGRIS DALAM PERGAULAN SEHARI-HARI. MAHKAMAH BAHASA DITEGAKKAN UNTUK MENJAMIN DISIPLIN.

Kegiatan Olahraga dan Bermain di Al-Ma’had

  1. BERBADAN SEHAT , BERWAWASAN LUAS DAN BERIMAN KUAT ADALAH SALAH SATU MOTTO PONDOK.

  2. DI PAGI HARI MENJELANG MASUK KELAS SANTRI MELAKSANAKAN SENAM KESEGARAN JASMANI.

  3. DI SORE HARI, SANTRI MEMILIH BERBAGAI KURSUS OLAH-RAGA YANG DIMINATI; KUNGFU, FUTSAL, BASKET, DLL. INSTRUKTUR YANG PROFESSIONAL MENYERTAI MEREKA.

  4. MAHADUNA OLYMPIADE ADALAH AJANG PENINGKATAN KREATIVITAS OLAH RAGA SANTRI AL-MA’HAD.

  5. TIMSUS DIBENTUK UNTUK MENGAHADAPI PERTANDINGAN-PERTANDINGAN PERSAHABATAN

Kegiatan Olahraga dan Bermain di Al-Ma’had

  1. DI AL-MA’HAD, SESUNGGUHNYA TIDAK ADA EKSTRA KURIKULER JIKA MAKNANYA SEKEDAR PELAJARAN TAMBAHAN YANG TIDAK MEMILIKI KURIKULUM. JADI ISTILAH INI KITA PINJAM DARI PERTANYAAN UMUM, KARENA PADA UMUMNYA ORANG TUA MENGENAL KEGIATAN DI LUAR KELAS DISEBUT EKSTRA KURIKULER.

  2. AL-MA;HAD BAGAIKAN MALL PENDIDIKAN. SEMUA DEPARTEMEN MENYELENGGARAKAN PROGRAM PENDIDIKAN PENGAJARAN DENGAN CORAKNYA MASING- MASING.

DPPF (DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN FORMAL)

Menyelenggarakan SD, SMP dan SMA. Mengatur waktu pagi dari pukul 07:00 sampai 10:40 (5 jam pelajaran) dilanjutkan dari pukul 13.30 sampai 14:50 (2 jam pelajaran). Kemudian dari pukul 20:00 sampai 21:00 (pengayaan, PR dan konseling).

MPS (MAJELIS PENGASUHAN SANTRI)

Memiliki 12 program dengan dua sayap divisi; Keasramaan dan Kemasjidan.

LDC (LEADERSHIP & LIFESKILL DEVELOPMENT CENTER)

Adalah departemen yang merupakan pusat pengembangan minat, bakat dan skill santri dalam bidang leadership & keorganisasian seperti pramuka, juga dibidang lifeskills seperti bekam, akupuntur, hydroponik dll. Serta skill bidang olahraga dan bahasa.

MAHA E.O.

Adalah lembaga yang menghimpun santri-santri pilihan yang dipersiapkan uintuk berbagai event dalam pondok maupun luar pondok.

CID (CENTRAL INFORMATION DEPARTMENT)

Adalah pusat arus data dan informasi dari ke pesantren. Mengelola channel YouTube MahaTV dan studionya, creative team, website dan jaringan.