Akademik
AL-MA'HAD


STANDAR KARAKTER LULUSAN

AL-MA`HAD BERUSAHA MENCETAK CALON PEMIMPIN UMMAT YANG MEMILIKI KESHAHIHAN ILMU DAN KESHALIHAN AMAL YANG TERANGKUM DALAM 10 KARAKTER LULUSANNYA:

PERTAMA: BERMANHAJ SALAF AHLUSSUNNAH WALJAMA`AH.

KEDUA : HAFAL ALQURANUL KARIM

KETIGA : HAFAL HADITS KITAB JAMI`UL `ULUM WALHIKAM DAN BULUGHUL MARAAM.

KEEMPAT : MENGUASAI DASAR- DASAR DIRASAT SYAR`IYYAH.

KELIMA : BERAKHLAK KARIIMAH DAN BERADAB `ALIYAH.

KEENAM : MEMILIKI HIMMAH `UBUDIYAH DAN DA`WAH YANG TINGGI.

KETUJUH : MEMILIKI JIWA LEADERSHIP YANG HANDAL.

KEDELAPAN : MAHIR BERBAHASA ARAB DAN INGGRIS.

KESEMBILAN: MENGUASAI DASAR- DASAR SAINS MODERN.

KESEPULUH : BERJIWA WIRASWASTA ( ENTREPRENEURSHIP )


STRATEGI PENGAJARAN DAN PENDIDIKAN

PERTAMA : AT- TASHFIYAH QABLAT- TA`LIIM. Menyelia materi ilmu dan kitab, menyeleksi calon guru serta membuat persiapan mengajar dan perencanaan program adalah langkah wajib sebagai usaha memaksimalkan mutu.

KEDUA : AT-TARBIYATUL MU`AHHILAH. Guru yang telah terseleksi diberikan pelatihan, workshop serta supervisi dalam merilis program dan kegiatan belajar- mengajar lalu dimutaba`ah (follow up) dengan penyediaan media ekspresi bagi guru dan santrinya agar santri terlatih menjadi ahli dalam bidang yang dipelajari.

KETIGA : AT- TAWDZIIF. Setelah paket pengajaran dan pelatihan dijalankan dan santri sudah menunjukkan kemahirannya dalam bidang- bidang tersebut, maka mereka ditugasi dengan tanggung jawab di bidang tersebut. Pembinaan oleh senior tetap dijalankan, karena organisasi pembinaan memiliki hirarki berjenjang dari Top leader, middle management hingga pendamping dari kalangan technical low management.

KEEMPAT : AT- TA`WIID. Santri dibiasakan dengan pola hidup pribadi, pola ibadah, pola budaya keilmuan dan hubungan sosial yang sesuai dengan tuntunan alqura dan sunnah berdasarkan pola pemahaman dan pengamalan as- salafush- sholih sehingga nilai- nilai yang dididikkan mendarah daging dalam kepribadiannya dan mengejawantah menjadi karakter kepribadiannya.


KELIMA : AT- TA`DIIB. Sifat manusia tidak selalu baik. Berbeda halnya dengan malaikat yang selalu baik dan syaithon yang selalu tidak baik. Faktor lupa dan pura- pura lupa, suka dan tidak suka, sempat dan tidak sempat memengaruhi tingkat konsistensi, sehingga dari waktu ke waktu diperlukan Ta`diib, diluruskan saat membengkok dan menyeleweng. Didongkrak semangatnya tatkala futuur, diapresiasi tatkala berprestasi.

KEENAM : TAWSII`ul- UFUQ;  Meluaskan cakrawala, wawasan santri tentang berbagai hal , baik dari literatur kitab cetak maupun digital. Seminar dan workshop serta short course berbagai soft skill dan kunjungan/ ziyarah masyayikh `ulama adalah sebagian dari kegiatan dalam kerangka ini.

KETUJUH : AT- TAMKIIN.  Setelah semua proses di atas dilalui, santri menjalani program khidmah tarbawiyyah minimal selama satu tahun ajaran. Mereka diberi kedudukan sebagai guru muda (Usbab), menjadi staff pengasuhan, staff kurikulum, manajer unit usaha dsb. Dengan proses sedemikian panjang dan program yang beragam, diharapkan para alumni mampu mengahadapi tantangan masa depannya dan sukses dunia dan akhirat.


AKREDITASI SEKOLAH DAN JURUSAN SMA

1

 SD AKREDITASI A

2

SMP AKREDITASI A (SUDAH DUA KALI)

3

SMA AKREDITASI B
JURUSAN BAHASA

One Stop Schooling System

Secara harfiyyah, OS3 berarti bersekolah di satu lembaga sampai tuntas.

1

SD

SD kelas 1 sampai kelas 6

2

SMP

SMP sampai kelas 9 dan Aksel sampai khidmah.  

3

SMA

sampai tuntas SMA dan khidmah. 

OS3 (ONE STOP SCHOOLING SYSTEM). 

Secara harfiyyah, OS3 berarti bersekolah di satu lembaga sampai tuntas. Pada praktiknya, OS3 Al-Ma`had merupakan usaha menjaga konsistensi santri, orang tua/ wali santri serta MAHA TEAM pesantren dalam menjalankan program- program pendidikan dan pengajaran sampai pada batas ketuntasan yang telah dikurikulumkan, sehingga tujuan pembentukan 10 karakter SKL memungkinkan untuk tercapai. OS3 terbagi ke dalam 2 kategori, yaitu:

1. OS3 perjenjang: SD sampai kelas 6, SMP sampai kelas 9 dan Aksel sampai khidmah.
2. OS3 lintas jenjang: SMP sampai tuntas SMA dan khidmah.

Pilihan OS3 menunjukkan tekad orang tua / walisantri yang kuat dalam mencapai cita- cita dalam memesantrenkan anak. Menunjukkan betapa pesantren sangat menginginkan suksesnya santri mencapai hasil. Lebih care dan tidak asal-asalan dan masa bodoh. Khusus pada OS3 Lintas Jenjang, ortusan/ walsan sangat terbantu secara finansial, karena mereka tidak diwajibkan membayar uang pangkal kenaikan jenjang ke SMA AlMa`had. OS3 bersifat mutlak wajib sesuai pilihan masing- masing. Jangan kalah oleh iklan minyak kayu putih Cap lang; "BUAT ANAK KOK COBA-COBA...."    


IKHTISAR JADWAL KEGIATAN SEHARI-HARI
DI AL-MA'HAD

WAKTU KEGIATAN
03:00 - 04:00 BANGUN TIDUR & TAHAJUD
04:00 - 04:45 SAHUR - PERSIAPAN SHOLAT
05:00 - 06 : 00 SHUBUH HALAQAH AL-QUR'AN
06:00 - 06:30 SARAPAN & MUHATDATSAH
06:30 - 06:45 APEL PAGI
06:45 - 07:00 PERSIAPAN MASUK KELAS
07:00 - 10:40 KBM FORMAL PAGI
10:40 - 11:40 QAILULAH / TIDUR SIANG
11:40 - 12:30 MAKAN SIANG, PERSIAPAN SHALAT
12:30 - 13:30 DZUHUR, HALAQAH HADIST
13:30 - 14:50 KBM FORMAL SIANG
14:50 - 16:30 ASHAR, HALAQAH AL-QUR'AN
16-30 - 17:30 LDC & OLAHRAGA
17:30 - 18:30 PERSIAPAN MAGRIB & BUKA PUASA
18:00 - 19:00 MAGRIB, HALAQAH ILMIYAH
19:00 - 19:30 MAKAN MALAM
19:30 - 20:00 SHALAT ISYA
20:00 - 21:00 BELAJAR MALAM
21:00 - 21:30 MCK & PERSIAPAN TIDUR
21:00 TIDUR MALAM

TENTANG TAHFIDZ DI ALMA`HAD 

 1. TAHFIDZ MERUPAKAN PROGRAM DIVISI KEMASJIDAN DALAM LINGKUP MAJLIS PENGASUHAN SANTRI. 
 2. SANTRI BARU DISELEKSI MENJADI 5 KATEGORI DARI SISI KESIAPAN DAN KEMAMPUAN BACA DAN TULIS SERTA KEKUATAN HAFALAN. YAITU: 
  1. TARGET 30 JUZ.
  2.  TARGET 25 JUZ.
  3.  TARGET 20JUZ.
  4. TARGET 15 JUZ.
  5. TARGET 10 JUZ
3. SETORAN PAGI PKL. 05.00 SAMPAI 06.00 DAN SORE PKL. 16.00 SAMPAI PKL. 17.00

PENGEMBANGAN KOMPETENSI BERBAHASA ARAB DAN INGGRIS
DI AL-MA'HAD

1. MAHIR BERBAHASA ARAB DAN INGGRIS ADALAH SALAH SATU TARGET PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN ALMA`HAD.

2. SELAIN DENGAN VARIASI PELAJARAN DI KELAS FORMAL, JUGA DISIAPKAN KURSUS YANG DIKELOLA OLEH LDC (LEADERSHIP & LIFESKILLS DEVELOPMENT CENTRE).

3. MAJLIS PENGASUHAN SANTRI LEWAT DIVISI KEMASJIDAN MENYELENGGARAKAN PROGRAM BACA-TULIS ARAB DAN TAJWID PRAKTIS UNTUK MENGUATKAN DASAR-DASAR BERBAHASA ARAB. MENJELANG MAGHRIB SANTRI MENDAPAT ASUPAN KOSAKATA/MUFRADAT BARU.

4. SETIAP SENIN DAN KAMIS PAGI DIMANA SANTRI BERPUASA, MAKA KEGIATAN SARAPAN PAGI DIGANTI DENGAN LATIHAN MUHADATSAH/CONVERSATION.
 
 5. HARI AHAD PKL. 09.20 SAMPAI 10.40 ADALAH SAAT SANTRI MENGEKSPRESIKAN KEMAMPUAN PIDATONYA DALAM BAHASA ARAB/ INGGRIS.

6. MADING ADALAH SALAH SATU AJANG PENGEMBANGAN KREATIVITAS BERBAHASA.

7. MULAI SEMESTER KEDUA, SANTRI BARU DIWAJIBKAN MEMAKAI BAHASA ARAB DAN INGGRIS DALAM PERGAULAN SEHARI-HARI. MAHKAMAH BAHASA DITEGAKKAN UNTUK MENJAMIN DISIPLIN.


KEGIATAN OLAH-RAGA DAN BERMAIN DI AL-MA'HAD

1. BERBADAN SEHAT , BERWAWASAN LUAS DAN BERIMAN KUAT ADALAH SALAH SATU MOTTO PONDOK.
2. DI PAGI HARI MENJELANG MASUK KELAS SANTRI MELAKSANAKAN SENAM KESEGARAN JASMANI.
3. DI SORE HARI, SANTRI MEMILIH BERBAGAI KURSUS OLAH-RAGA YANG DIMINATI; KUNGFU, FUTSAL, BASKET, DLL. INSTRUKTUR YANG PROFESSIONAL MENYERTAI MEREKA.
4. MAHADUNA OLYMPIADE ADALAH AJANG PENINGKATAN KREATIVITAS OLAH RAGA SANTRI AL-MA'HAD.
5. TIMSUS DIBENTUK UNTUK MENGAHADAPI PERTANDINGAN-PERTANDINGAN PERSAHABATAN.


EKSTRAKURIKULER DAN ORGANISASI PROGRAM PESANTREN

1. DI AL-MA'HAD, SESUNGGUHNYA TIDAK ADA EKSTRA KURIKULER JIKA MAKNANYA SEKEDAR PELAJARAN TAMBAHAN YANG TIDAK MEMILIKI KURIKULUM. JADI ISTILAH INI KITA PINJAM DARI PERTANYAAN UMUM, KARENA PADA UMUMNYA ORANG TUA MENGENAL KEGIATAN DI LUAR KELAS DISEBUT EKSTRA KURIKULER.
2. AL-MA;HAD BAGAIKAN MALL PENDIDIKAN. SEMUA DEPARTEMEN MENYELENGGARAKAN PROGRAM PENDIDIKAN PENGAJARAN DENGAN CORAKNYA MASING- MASING.

  1. DPPF (DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN FORMAL) MENYELENGGARAKAN SD, SMP DAN SMA.MENGUASAI WAKTU PAGI PKL. 07.00 SAMPAI 10.40 (5 JAM PELAJARAN) DILANJUTKAN DARI PKL. 13.30 SAMPAI 14.50 (2 JAM PELAJARAN). LALU DARI PKL. 20.00 SAMPAI PKL. 21.00 (PENGAYAAN, PR DAN KONSELING).
  2. MPS (MAJLIS PENGASUHAN SANTRI) DENGAN DUA SAYAP DIVISI; KEASRAMAAN DAN KEMASJIDAN. MAJLIS INI MEMILIKI 12 PROGRAM. 
  3. LDC (LEADERSHIP & LIFESKILLS DEVELOPMENT CENTRE), ADALAH DEPARTEMEN YANG MERUPAKAN PUSAT PENGEMBANGAN MINAT, BAKAT DAN SKILL SANTRI DALAM BIDANG LEADERSHIP & KEORGANISASIAN SEPERTI PRAMUKA, JUGA BIDANG LIFESKILLS SEPERTI BEKAM, AKUPUNKTUR, HYDROPONIK DLL. JUGA SKILL BIDANG OLEH RAGA DAN BAHASA. DEPARTEMEN INI MENYELENGGARAKAN KURSUS- KURSUS TERSEBUT PADA PKL. 04.30 SAMPAI 17.30. SETIAP HARI TERMASUK HARI LIBUR KELAS YAITU JUMU`AH. 
  4. MAHA E.O. ADALAH LEMBAGA YANG MENGHIMPUN SANTRI- SANTRI PILIHAN YANG DIPERSIAPKAN UNTUK BERBAGAI EVENT DALAM PONDOK MAUPUN DI LUAR PONDOK. 
  5. CID (CENTRAL INFORMATION DEPARTMENT) ADALAH PUSAT ARUS DATA DAN INFORMASI DARI DAN KE PESANTREN. MENGELOLA CHANNEL YOUTUBE MAHATV DAN STUDIONYA, CREATIVE TEAM, WEBSITE DAN JARINGAN.